Hosting Gratis

Saturday, April 20, 2013

TAHAP AWAL CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN BLOGSPOT 2013

Mungkin artikel ini bagi para bloger atau yang pernah merasakan membuat sebuah / beberapa blog, artikel ini sangat tidak berkualitas, tetapi berbeda untuk seseorang pemula yang sangat awam bagai mana membuat / merancang sebuah blog, yang digunakan untuk menyalurkan hobi-hobi mereka seperti menulis artikel, menulis cerita/novel, meyimpan artikel2 favoritnya yang biasanya mereka tuangkan di sebuah buku kosong atau disebuah kliping, yang nantinya media tersebut bisa rusak karena faktor usia ataupun bencana alam. Dengan Kemajuan teknologi IT maka tersedia media bagi mereka yang mempunyai hobi diatas, dimana media tersebut tidak akan rusak oleh faktor usia atau bencana alam. Media tesebut dinama Blog atau web blog.
Semoga dengan artikel ini dan artikel saya lainnya bisa membantu para kreatifitas diatas untuk dapat membuat atau merancang sebuah blog, walau mereka awam dengan bahasa pemprogaman HTML serta bahasa program lainnya, disini penulis akan membantu dengan sebuah visul/gambar yang kan memudahkan para pemula untuk membuat sebuah blog.

Pada artikel ini penulis memberikan contoh jika anda sudah mempunyai akun gmail, jika anda belum mempunyai akun gmail maka anda terlebih dahulu, jika anda belum mengetahui cara membuat email gmail maka silahkan anda berkunjung ke artikel cara mudah membuat akun gmail pada halaman artikel saya yang lain klik disini.    

Pertama-tama kita ketik blogspot di browser terus klik Blooger Create your blog
Setelah itu anda akan masuk pada tampilan berikut ->
Gbr.1
Klik Blogger Create Your free Blog dan selanjutnya akan menghasilkan tampilan pada gbr.2
Gbr. 2
Masukan email gmail anda dan sandi email anda dan klik masuk, disini saya menjelaskan membuat blogspot bila anda sudah mempunyai akun gmail. Jika anda belum mempunyai sebuah email dari google (gmail) maka anda sign up / daftar  atau jika anda belum mengetahui cara membuat akun gmail maka kunjungi artikel saya Cara Mudah Daftar / Membuat Akun Gmail

gbr. 3


Klik Buat Profil Blogger terbatas selanjutlnya akan menampilkan tampilan seperti gbr.4

gbr.4

Isi nama tampilan untuk nama blog anda, klik kotak orange yang di tandai tanda panah maka anda aka melanjutkan tampilan seperti pada gbr. 5  


gbr.5

  • Isi judul untuk judul blog anda atau judul tema apa yang ingin anda berikan/isikan pada blog anda, jika anda masih bingung/ragu untuk memberikan judul blog anda, tenang saja kita bisa mengedit judul blog anda pada setingan dashbor atau settingan dasar jika blog sudah terbuat nanti. 
  • Isi Alamat url blogspot anda, alamat url yang sudah kita tulis tidak bisa kita edit 
  • Pilih salah satu template sesuai dengan selera anda   
  • Selanjutnya klik Buat Blog dan akan menampilkan tampilan seperti gbr.6           


gbr.6
Pada gbr.6 menjelaskan beberapa kegunaan tool/menu awal untuk mengedit atau mengisi postingan, klik Lihat Blog untuk melihat tampilan keseluruhan blog kita yang masih baru / kosong seperti pada gbr.7




Demikian tutorial langkah awal membuat sebuah blog free dari google yang menggunakan blogspot.com. semoga artikel ini membantu anda.












Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Post a Comment