Hosting Gratis

Sunday, April 21, 2013

Mengetahui Kondisi Kesehatan Melalui Kondisi Kuku


Mendeteksi Penyakit dengan Melihat Kuku

Bagi kita kebanyakan, fungsi kuku tidak lebih dari organ tubuh untuk menunjang penampilan. Namun tahukah anda jika kuku bisa memberikan gambaran kesehatan dari tubuh kita? Orang-orang jaman dulu telah memakai kuku untuk mendiagnosa berbagai jenis penyakit, seperti kekurangan nutrisi, infeksi, dan berbagai penyakit lainnya.
Ternyata, status kesehatan Anda secara keseluruhan dapat dideteksi dengan bentuk dan warna kuku. Gangguan yang terjadi pada paru-paru, hati, bahkan jantung bisa terlihat pada perubahan yang terjadi di kuku.
Kuku terdiri atas keratin, protein yang juga menyusun rambut dan kulit kita. Kuku kita tumbuh dari matriks, area di bawah kutikula. Kuku bisa bertambah panjang 2 hingga 3 mm dalam sebulan. Mengetahui kondisi kesehatan melalui kuku bukan ilmu baru. Penyakit tiroid adalah masalah pertama yang bisa didiagnosa dari kuku. Penyakit tiroid biasanya memiliki gejala berupa penurunan atau kenaikan berat badan. Kehadiran onikolisis biasanya berkaitan langsung dengan hipertiroidisme. Ini adalah keadaan dimana kuku jari kelingking atau jari manis terlepas dari lapisan kulit di bawahnya. Kotoran sangat mudah menumpuk di lipatan kuku dan memicu tumbuhnya bakteri dan jamur. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk berobat ke dokter jika mendapati kuku terlepas dari jaringan di bawahnya.

Masalah kesehatan lain yang bisa diketahui melalui kuku adalah gangguan kardiovaskuler. Untuk mengetahui apakah kita beresiko mengalami penyakit kardiovaskuler memang paling mudah dengan mengecek tekanan darah dan kadar kolesterol. Namun menurut penelitian, ada perubahan pada kuku bagi mereka yang mengalami masalah ini. Jika terdapat garis merah kecoklatan di bagian bawah kuku, itu bisa menjadi tanda terjadinya infeksi nodular. Jika seseorang memiliki penyakit jantung bawaan, maka kukunya akan nampak lebih lembut dan terlihat mengambang di atas kulit.

Mengetahui kondisi kesehatan melalui kuku memang perlu pembelajan serius. Stress dan kecemasan tidak hanya bisa dilihat langsung dari wajah, namun juga bisa tergambar melalui kuku. Apakah anda pernah melihat orang yang suka menggigiti kukunya? Atau anda adalah salah satunya? Menggigit kuku merupakan salah satu tanda seseorang mengalami stress atau tertekan. Menggigit kuku sesekali mungkin tidak menimbulkan masalah serius, namun jika dilakukan secara terus-menerus bisa menyebabkan pendarahan. Kebiasaan buruk ini juga membuat kuku lebih mudah terinfeksi.

Tahukah anda jika diabetes juga bisa dilihat melalui kuku? Jika anda gemar memakai cat kuku, maka kuku akan berubah menjadi kekuningan. Namun jika warna kekuningan tersebut tidak mau menghilang setelah mendapatkan perawatan, itu bisa menjadi gejala penyakit diabets. Diabetes bisa membuat kulit dan kuku berubah menjadi kekuningan, namun perubahan ini biasanya paling jelas di bagian kuku. Perubahan itu terjadi karena gabungan kolagen dan glukosa di kuku. Segera periksakan diri ke dokter jika anda melihat kuku tetap berwarna kuning dalam waktu yang lama. Penyakit lain yang bisa diketahui melalui kuku adalah radang sendi. Banyak orang menganggap masalah persendian hanya muncul pada orang lanjut usia, namun faktanya tidak demikian. Ada banyak sekali jenis radang sendi, dan penyebabnya tidak hanya faktor usia, melainkan juga karena makanan dan faktor lainnya.


Struktur penting yang bertindak sebagai pelindung dan meningkatkan sensasi pada ujung jari adalah kuku. Banyak ujung saraf yang terdapat dalam ujung jari, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan berbagai informasi kesehatan hanya dengan melihat warna atau bentuk kuku.
Berikut ini adalah beberapa warna dan bentuk dari kuku dan artinya bagi gangguan kesehatan yang mungkin saja terjadi pada Anda :

1. Kuku yang normal
Warna merah muda dan bercahaya adalah tanda dari kuku yang normal dan sehat. Selain itu, kuku yang tumbuh dengan mudah dan normal (tidak memiliki kelainan seperti kering atau retak-retak), tampak kuat, serta akan melengkung sedikit ketika ditekan (tidak keras).
Dibandingkan dengan kuku jari kaki, kuku jari tangan tumbuh lebih cepat. Kuku jari tangan memiliki kecepatan tumbuh sekitar 3 mm tiap bulannya dan untuk tumbuh dari akar ke tepi garis dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan. Sedangkan kuku jari kaki tumbuh dengan kecepatan 1 mm tiap bulannya dan untuk tumbuh dari akar ke ujung kuku membutuhkan waktu sekitar 12-18 bulan.

2. Kuku yang pucat
Tanda dari beberapa penyakit serius seperti gagal jantung kongestif, anemia, malnutrisi dan penyakit hati bisa diidentifikasi dengan kuku yang berwarna sangat pucat.
3. Kuku yang berwarna putih
Masalah yang terjadi pada liver Anda, seperti hepatitis dapat diidentifikasikan jika sebagian besar kuku berwarna putih dengan pinggiran gelap. Selain itu, tanda lain dari masalah hati adalah jari-jari yang berwarna kuning.

4. Kuku yang berwarna kuning
Infeksi jamur adalah salah satu penyebab kuku kuning. Kuku dapat, menebal, terlepas dan hancur jika infeksi semakin memburuk. Beberapa penyakit seperti diabetes, tiroid, penyakit paru-paru atau psoriasis dapat diidentifikasi dengan kuku yang berwarna kuning. Namun, kasus seperti ini jarang ditemukan.

5. Kuku yang berwarna kebiruan
Tubuh yang tidak mendapatkan cukup oksigen dapat diidentifikasi dengan kuku dengan warna kebiru-biruan. Infeksi paru-paru, seperti pneumonia juga dapat diindikasikan dengan cara ini. Selain itu, kuku yang berwarna kebiruan juga bisa menjadi tanda bahwa terdapat beberapa masalah pada jantung.

6. Kuku yang bergelombang
Salah satu tanda awal radang arthritis atau proasis adalah jika permukaan kuku bergelombang. Kulit di bawah kuku yang tampak coklat kemerahan juga merupakan tanda dari penyakit tersebut.

7. Kulit retak-retak
Penyakit tiroid, berkaitan dengan kuku kering, rapuh dan sering terbelah atau retak. Selain itu, infeksi jamur juga dapat mengakibatkan retakan kuku yang dikombinasi dengan warna kekuningan.

8. Bengkak yang terjadi di sekitar kuku
Peradangan lipatan kuku adalah jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak. Kelainan jaringan ikat atau penyakit lupus adalah penyebab dari kondisi ini. Selain itu, kemerahan dan peradangan pada lipatan kuku juga dapat disebabkan oleh infeksi.

9. Terdapat garis gelap pada kuku
Sesegera mungkin, garis hitam yang terdapat di kuku Anda harus diselidiki. Melanoma, jenis yang paling berbahaya dari kanker kulit, bisa diidentifikasi dengan kondisi ini.


Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Post a Comment